Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara instal XAMPP atau LAMPP pada Linux

Lalare IT -  Linux merupakan sebuah Operating System open source. Untuk menjalankan XAMPP pada linux dibutuhkan sedikit konfigurasi yang berbeda dari windows. Oleh karna itu saya ingin membagikan pengalaman saya ketika menggunakan Linux Mint.

Intro XAMPP

XAMPP sendiri merupakan sebuah paket aplikasi yang di dalamnya berisi webserver, PHP, dan MySql. Bagaimana cara menginstall XAMPP pada Linux ?

Langkah #1 - hal pertama yang perlu anda siapakan adalah download XAMPPP atau LAMPP di situs resminya : https://www.apachefriends.org

Silahkan pilih PHP7 karna PHP5 akan segera ditinggalkan.

Langkah #2 - Setelah mendownload XAMPP pada situs resmi silahkan ubah permision file installer mejadi executable dan install aplikasinya menggunakan perintah berikut.

 
sudo chmod +x xampp-linux-5.6.3-0-installer.run


Ganti  xampp-linux-5.6.3-0-installer.run dengan nama versi xampp yang kamu download.
 
Setelah menjalankan perintah di atas, akan muncul jendela wizard seperti gambar di bawah ini. Klik next dan ikuti instruksi selanjutnya (sama seperti menginstall di windows) sampai selesai.


Jika sudah selesai otomatis XAMPP kamu sudah berhasil di instal dan untuk menjalankan XAMPP pada linux beda dengan menggunakan windows. Pada linux kamu bisamenggunakan terminal dengan menjalankan perintah berikut.

sudo /opt/lampp/lampp start

Untuk memberhentikantikanya silahkan ketik perintah berikut pada terminal

sudo /opt/lampp/lampp stop



Untuk menjalankan Xampp dalam versi GUI, bisa menggunakan printah berikut.

cd
/opt/lampp

./manager-linux.run



Itulah cara untuk instal XAMPP pada Linux. Jika teman-teman memiliki pertanyaan silahkan kirimkan pada kolom komentar dibawah artikel.

Post a Comment for "Cara instal XAMPP atau LAMPP pada Linux "