Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian RAM, DRAM & SRAM

Foto RAM


RAM adalah jenis penyimpanan data yang digunakan di komputer yang umumnya terletak di motherboard. Jenis memori ini tidak stabil dan semua informasi yang disimpan dalam RAM hilang ketika komputer dimatikan.

Chip RAM dapat dipasang secara terpisah pada motherboard atau dalam set beberapa chip pada papan kecil yang terhubung ke motherboard. Tipe memori yang lebih lama berupa chip yang disebut paket dual in-line (DIP). Meskipun chip DIP masih digunakan sampai sekarang, sebagian besar memori dalam bentuk modul, papan sirkuit cetak sempit yang terpasang pada konektor pada motherboard. Tiga jenis papan sirkuit memori utama yang mengandung chip adalah: RIMM (modul memori in-line Rambus), DIMM (modul memori in-line ganda) dan SIMM (modul memori in-line tunggal). Kebanyakan motherboard saat ini menggunakan DIMM.

Ada dua jenis utama RAM: Dynamic Random Acces Memory (DRAM), atau RAM dinamis, dan Static Random Acces Memory (SRAM). RAM di sebagian besar komputer pribadi (PC) adalah RAM Dinamis. Semua chip RAM dinamis pada DIMM, SIMM, atau RIMM harus menyegarkan setiap beberapa milidetik dengan menulis ulang data ke modul.

 - SRAM 
SRAM adalah memori yang mudah menguap dan sering digunakan dalam memori cache dan register karena jauh lebih cepat dan tidak memerlukan penyegaran seperti Dynamic RAM. SRAM menyimpan informasi dan dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi daripada DRAM. Karena DRAM jauh lebih murah daripada SRAM, sudah umum melihat produsen PC menggunakan DRAM.

 - DRAM
DRAM adalah memori yang perlu disegarkan. Penyegaran dilakukan oleh pengontrol memori yang merupakan bagian dari chipset pada motherboard. Static RAM (SRAM) tidak perlu disegarkan dan digunakan dalam cache memori pada central processing unit (CPU); itu disebut L1, L2 dan L3 cache. SRAM asli disimpan di motherboard; kemudian SRAM berada di dalam rumah CPU atau disimpan di motherboard dan di dalam CPU.

Itulah artikel tentang pengertian RAM, DRAM, SRAM. Jika anda memiliiki pertanyaan seputar artikel ini. silahkan kirimkan di kolom komentar dibawah artikel ini.

Post a Comment for "Pengertian RAM, DRAM & SRAM"