Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sharing Printer ke Jaringan LAN & WIFI

Lalare IT - Kian hari dunia teknologi semakin berkembang pesat. Jika pada jaman dahulu kala kita membutuhkan 1 unit printer untuk setiap 1 unit komputer. bayangkan berapa banyak printer yang kita butuhkan untuk tiap-tiap komputer. berbeda halnya dengan jaman sekarang. Kita bisa menggunakan 1 unt printer untuk semua komputer menggunakan jaringan LAN atau wifi atau bisa juga disebut sharing printer.


Sharing printer adalah salah satu proses dimana kita lakukan sharing terhadap printer kita menggunakan sebuah jaringan. Manfaat dari sharing printer sendiri begitu banyak, Kamu bisa menghemat waktu dan juga biaya. Karna tidak perlu bolak balik untuk mengprint sebuah data dan membeli sebuah printer untuk setiap komputer. untuk Sharing printer ini kita bisa menggunakan Jaringan LAN atau juga bisa menggunakan jaringa WIFI.. Kita akan belajar cara untuk sharing printer ke jaringan LAN dan WIFI.

CARA SHARING PRINTER  KE JARINGAN LAN DAN WIFI

Untuk melakukan sharing printer ke sebuah jaringan dibutuhkan sebuah Master Komputer yang berfungsi sebagai penghubung printer dengan jaringan dan penerima hasil sharing dari komputer lain.

LANGKAH 1 : Merubah Pengaturan Device manager Komputer Master

Ada beberapa pengaturan yang harus dirubah pada komputer master agar ketika kita mengkoneksikan printer ke jaringan tidak mengalami problem.
  1. Buka menu Control Panel atau kamu bisa juga menekan tombol Windows + R  Kemudian ketikkan Control pannel pada kolom RUN dan tekan ENTER
  2. Kamu akan masuk pada menu Control Panel. Sebelum melakukan sharing terhadap printer kita akan mensetting dulu dengan mengaktifkan FILE AND PRINTER SHARING. 
  3. Untuk mensettingnya silahkan masuk ke menu Network and Internet.
  4. Ketika kamu pilih akan ada jendela menu lagi dan silahkan pilih Network And Sharing Center.
  5. Pilih Change Advanced Sharing Settings
  6. pilih Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna lain bisa mengakses file atau printer yang kamu sharing.
  7. langkah yang satu ini bisa dibilang opsional, boleh dilakukan atau tidak sama sekali (akan tetapi saya menyarankan kamu untuk melakukannya). Penjelasanya misalkan pc master melakukan sharing printer, pc master ini diberi password login. Maka siapapun yg mau mengakses printer yg telah dishare  Master harus memasukkan password login terlebih dahulu. kamu bisa menonaktifkan fitur ini, dengan cara klik All Networks.
  8. Scroll sedikit ke bawah dan pilih Turn off password protected sharing. Dengan begitu tiap komputer yg mengakses printer sharing tidak perlu memasukkan password login. Selanjutnya jangan lupa klik Save changes.

LANGKAH KE 2 :Cara sharing Printer Dengan Komputer Master

Sebelum kamu melakukan sharing printer, pastikan bahwa di tempat kamu akan melakukan sharing sudah terhubung dengan sebuah jaringan, baik jaringan LAN ataupun WIFI. Jika memang sudah terhubung kamu  bisa melanjutkan langkah-langkah dibawah  ini :
  • Pertama silahkan kamu buka start pada komputer master yang sudah dikoneksikan dengan printer, Pada kolom search atau pencarian silahkan cari Devices and Printers. Setelah anda menemukanya silahkan dibuka.
  • Setelah terbuka kamu akan melihat icon Devices yang bisa dihubungkan dengan komputer kamu salah satunya printer. Silahkan pilih jenis printer yang akan kamu sharing kemudian klik kanan pada printer tersebut kemudian dan pilih Printers Option.
  • Akan muncul jendela menu, kemudian klik menu sharing dan centang pada checkbox Share this printer. Kemudian apply dan ok.
  • Otomatis printer kamu sudah terhubung dengan jaringan dan bisa digunakan komputer lain.

LANGKAH KE 3 : Mengakses printer yang telah disharing

  • Untuk Mengkases komputer yang disharing kamu perlu memasukan ip adress komputer master. Misalkan IP Adress Komputer master adalah "192.168.1.2". 
  • Ketikan IP Adress tersebut di jendela explorer
  • Kamu bisa melihat apa saja yang sudah Kamu sharing pada bagian komputer master. Termasuk Printer tadi, maka pada printer ini anda bisa klik kanan dan melakukan proses connet. Lalu anda bisa menunggu beberapa saat hingga proses dari connectingnya selesai.
Itulah Tutorial cara untuk sharing Printer ke jaringan LAN atau WIFI. Dengan membaca tutorial ini diharapkan bisa sedikit membantu kamu untuk menerapkanya di sebuah kantor atau sekolah kamu.Mungkin cukup sekian artikel dari saya, Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Sharing Printer ke Jaringan LAN & WIFI"