Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuka file format ENC yang dikirim dari whatsapp

Lalare IT - Aplikasi Chating Whatsapp memungkinkan kita untuk melakukan transfer file, sehingga fasilitas ini sering menggantikan e-mail ataupun aplikasi penyedia transfer data lainnya. Kadangkala pada saat mendapatkan kiriman file melalui whatsapp, kita seringkali dihadapkan pada file yang terenkripsi oleh configurasi whatsapp sehingga extensionnya berubah menjadi (.enc).


Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaiman cara membuka file yang berubah menjadi file ENC pada Whatsapp. Berikut caranya.

Cara membuka file Enc dari Whatsapp

Apa sih sebenarna File Enc ? ialah keamanan yang di miliki platform Whatsapp agar membuat file kita aman dengan merubah bentuk file menjadi enc, Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Berikut  adalah cara untuk mengatasi hal tersebut.

Teknik merubah bentuk enc file di Whatsapp handphone

Hal yang bisa kamu lakukan adalah cobalah ganti nama file yang berextension .enc Misal document.zip.enc, Hapus Format .enc dan save, jika masih tidak bisa silahkan ikuti langkah dibawah ini.
  1. Pertama teman mesti memiliki aplikasi file manajer yang menyokong untuk edit nama sekalian formatnya, kalau bawaan HP kadang terdapat yang bisa ada yang engga, saya seringkali menggunakan X-plore versi free bisa agan dapatkan di play store. atau  [Download Disini]
  2. Jika teman telah punya, tahapan selanjutnya masuk ke app x-plore > terus masuk ke folder whatsapp > Media > Documents > cari file yang belakangnya ada tulisan .enc nya.
  3. Tekan lama file tersebut sampai muncul opsi >lalu klik Ganti Nama
  4. Setelah itu hapus .enc nya terus save dengan tap OK.

Tips merubah bentuk enc file di komputer

  1. Klik dua kali pada file .enc yang kita gunakan. Ikuti stepnya, andai tidak tersingkap dengan program yang seringkali berhubungan dengan file jenis itu.
  2. Klik kanan pada file dan pilih opsi “Properties” dari menu konteks yang terbuka andai agan memakai Windows. Jika kita mempunyai komputer dengan Mac OS, klik tombol “Ctrl” dan klik atau klik kanan pada file dan pilih pilihan “Dapatkan informasi” dari menu kontekstual yang muncul. Opsi “properti / mendapat informasi” mesti mengindikasikan jenis file dan menganjurkan program yang bisa membukanya.
  3. Pilih program yang bakalkalian buka file .enc. File akan tersingkap di program itu. Lanjutkan ke tahapan 4, andai tidak terbuka.
  4. Download dan instal file reader yang membuka file .enc. Apabila masih tidak dapat dibuka, bisa jadi itu rusak. Apabila tersingkap di pembaca, maka barangkali program yang diciptakan rusak atau tidak bermanfaat dengan baik.
  5. Jika memungkinkan, buka file di komputer lokasi asalnya dibuat. Jika tidak, jajaki buka di pc beda yang menjalankan perangkat empuk yang sama. Apabila file masih tidak bisa dibuka, bisa jadi besar korup, atau diberi ekstensi file yang salah.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan, Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat. Jika teman-teman memiliki pertanyaan silahkan kirimkan pada kolom komentar.

Post a Comment for "Cara membuka file format ENC yang dikirim dari whatsapp"