Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tempat Wisata Banyuwangi yang Indah dan Mendunia

Lalare IT - Banyuwangi adalah kota yang berada di ujung paling timur pulau Jawa.Wisata Banyuwangi sudah terkenal akan keindahanya bahkan telah mendunia. Kota ini merupakan penghubung antara pulau Jawa dan Bali. Tak heran jika kesenian dan budayanya hampir sama dengan pulau dewata ini. Banyuwangi mendapat julukan Sunrise Of Java, Julukan ini bukan hanya julukan semata, di Banyuwangi kamu bisa melihat pemandangan menakjubkan ketika matahari terbit. Banyak spot di Banyuwangi yang bisa kamu kunjungi untuk melihat matahari terbit ini.

Jika kita berbicara Bali, Kita pasti akan berfikir tentang wisata mereka yang telah mendunia. Akan tetapi, Banyuwangi juga layak disandingkan dengan Bali.Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata yang ada didaerahnya. Banyak sekali tempat wisata di Banyuwangi yang telah terkenal hingga mendunia dan layak disamakan dengan Bali.

Tak hanya Wisata Pantai, Di Banyuwangi kamu bisa menikmati Wisata Gunung, Air terjun, Taman Nasional ala afrika dan masih banyak lagi. Selain itu, Adat istiadat di Banyuwangi masih sangat kental,Banyuwangi sendiri memiliki Suku yang bernama Suku Osing, Suku Osing juga memiliki bahasa sendiri yang dinamakan bahasa Osing. Jika kamu berkunjung ke Banyuwangi kamu harus mengunjung 5 Tempat yang indah dan Mendunia. Dimana saja sih tempatnya ?

5 Wisata Banyuwangi yang Indah dan Mendunia

Banyuwangi memiliki keindahan yang tidak ada habisnya, Kami telah merangkum wisata Banyuwangi yang telah terkenal hingga mendunia dan tentunya kamu wajib datang kesini jika berkunjung ke Bannyuwangi. apa saja sih wisata di Banyuwangi yang telah mendunia ? kita akan membahasnya dalam artikel ini.

1. KAWAH IJEN

Kawah ijen adalah salah satu tempat wisata alam di Banyuwangi yg telah mendunia.Kawah Ijen memiliki keunikan dari gunung ini yaitu fenomena api biru atau bluefire. Di dunia Blue fire hanya ada di 2 Tempat, Salah satunya di Kawah Ijen Banyuwangi. Selain keindahan Fenomena bluefire, Di puncak gunung ijen setinggi 2.443 meter di atas permukaan laut terdapat sebuah danau kaldera yang memiliki kandungan air sangat asam tertinggi di dunia. Danau besar berwarna hijau kebiruan yang disebut kawah ijen inilah menambah pesona keindahan Gunung ijen ini, dengan asap dan kabut belerang yang menambah pesona untuk dilihat.


Saat terbaik Ketika berkunjung ke Kawah Ijen adalah di pagi supaya kamu dapat  menyaksikan matahari terbit. Selain itu, kamu juga bisa melihat para penambang belerang yg sedang bekerja secara tradisional menggunakan peralatan sederhana.


Jika kamu berkunjung ke Kawah Ijen pastikan bahwa kesehatan anda dalam keadaan fit. Pasalnya Anda harus menyusuri jalan setapak dan menyusuri tebing kaldera untuk sampai ke gunung ini. Jika datang ke ijen bawalah penutup hidung. dikarenakan terkadang asap belerang akan tertiup angin melewati jalur tersebut. Jika anda ingin melihat pemandangan api Biru atau blue fire. Anda bisa mendaki pada malam hari, Blue fire akan muncul pada pukul 02.00 hing 04.00 dini hari.

2. PANTAI PLENGKUNG ( G-LAND )

Pantai Plengkung atau biasa disebut dengan G-Land adalah wisata pantai yang terkenal di dunia. Pasalnya dipantai ini kamu akan mendapatkan sebuah pemandangan ombak yang sangat besar. Ketinggian ombak yang ada di pantai ini bisa mencapai 4 - 8 Meter dengan panjang 2 KM, Bagi para surfing dunia pantai ini sangat menantang, pasalnya ombakdi G-Land memiliki formasi Gelombang Tujuh bersusun.


Tak heran jika panta pelengkung merupakan wisata di Banyuwangi yang mendunia, pasalnya G-Land diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan Ombak pantai G-Land Termasuk salah satu 7 Ombak terbaik yang ada di dunia. Pantai plengkung terletak di taman Nasional alas Purwo.

3. PULAU TABUHAN

Pulau Tabuhan Satu lagi surga wisata Banyuwangi yang telah mendunia yaitu Pulau Tabuhan. Pulau Tabuhan terletak persis di Selat Bali yag memisahkan antara Pulau Jawa dan Pulau Bali, tepatnya berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Pulau tabuhan merupakan sebuah pulau mungil di daerah selat Bali. Meskipun Mungil,  Pulau tabuhan memiliki keindahan alam yg sangat mempesona dengan air bening dengan gradasi nan indah dan hamparan pasir putih di sepanjang pantainya. Kenapa dinamakan Pulau Tabuhan ? Konon angin yg berhembus di Pulau Tabuhan ini terdengar seperti tetabuhan musik.


Karena anginnya yang sangat kencang, pulai ini menjadi tempat destinasi favorit para penggemar selancar layang ( kite-boarding)  atau selancar angin ( Wind Surfing ). Pulau tabuhan juga pernah jadi lokasi event kite surfing bertaraf internasional. Oleh karna itu tempat ini menjadi salah satu objek wisata di Banyuwangi yang telah mendunia.

Selai windsurfing, di kawasan Pulau Tabuhan kamu juga bisa melakukan snorkeling, pulau tabuhan banya dikaruniai ikan berwarna warni dan terumbu karan yang menjadi tempat ideal untuk snorkeling. Pulau Tabuhan wajib kamu kunjungi ketika ke Banyuwangi, di sini kamu bisa melihat sunset yang cantik dan juga sunrise yang memukau.

4. PULAU MERAH

Pulau Merah merupakan salah satu pantai dan objek wisata yang berada di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal dengan sebutan pulau merah dikarenakan sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah yg berada di dekat bibir pantai. Kamu dapat mengunjungi Bukit ini dengan berjalan kaki saat air sedang laut surut. Di dalam area pulau merah juga terdapat sebuah Pura di mana warga yg beragama Hindu di sana dapat melaksanakan ibadah dan upacara Mekiyis.


Pantai Pulau Merah memiliki pasir putih yang terbentang sepanjang 3 KM sehingga sangat sesuai untuk liburan bersama keluarga. Akan tetapi, ombak Pulau Merah  terbilang cukup tinggi. Jika kamu ingin berenand di pantai ini sangat tidak sesuai untuk digunakan berenang, terutama bagi anak kecil.

Ombak di kawasan Pulau Merah sangat menantang dan menjadi tempat tujuan untuk penggemar olahraga selancar atau surfing. Ombak di pantai pulau merah tergolong cukup tinggi berkisar 3-5 meter sangat cocok bagi pecinta olahraga selancar (surfing). Oleh karna itu kenapa tempat ini menjadi tempat indah dan mendunia.

5. TAMAN NASIONAL BALURAN

Taman Nasional Baluran terkenal Dengan sebuat Little Africa In Java. Taman Nasional Baluran terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur, Indonesia. Nama Baluran sendiri diambil dari nama sebuah gunung yg berada di daerah Taman Nasional Tersebut, yaitu Gunung Baluran.


Luas kawasan Taman Nasional ini kurang lebih 25.000 hektar. Dikawasan Taman Nasional Ini akan ditemukan berbagai macam konservasi dan hewan-hewan alam. Kawasan Taman Nasional dijuluki Little Africa In Java  dikarenakan ada sebuah savana yang indah bernama Savana Bekol. Savana ini memiliki Luas sekitar 10.000 hektar ini dan kamu akan disuguhi padang rumput serta pemandangan gunung nan esoktis. 

Di savana bekol ini kamu akan melihat banyak hewan yg bisa dilihat seperti rusa, Banteng, Monyet dan masih banyak lagi. Selain itu, Taman nasional ini memiliki Hutan Mangrove dan Pantai yang tak kalah indah, yaitu Pantai Bama. Pantai yang terletak di dalam taman nasional ini memiliki hamparan pasir putih sepanjang pantainya. Disini kamu juga bisa melihat hutan manggrove.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Jika ada kritik, saran maupun pertanyaan bisa kirimkan komentar dibawah artikel ini. Terima kasih telah berkunjung semogaapa yang kami sajikan bermanfaat.

Post a Comment for "5 Tempat Wisata Banyuwangi yang Indah dan Mendunia"